Avoid Wasting Disk Space When Using iTunes or iLife

Banyak dari kita menggunakan iTunes dengan berbagai alasan (kalau penulis sih karena itu bawaannya Mac :p)

Tapi sedikit dari kita yang tahu cara mengoptimalkannya

Salah satu yang paling sering luput adalah cara mengimport file ke programnya (dalam postingan ini penulis bicara tentang iTunes, tetapi hal yang serupa juga terjadi di hampir semua aplikasi iLife – iPhoto, iMovie, iDVD, iWeb, Garage Band, dll -)

Seringkali pengguna program tidak melihat setting yang ada di program dan hanya mau terima jadi. Tapi bisa fatal akibatnya, hard disk bisa menjadi penuh tanpa disadari.

Setting default untuk iTunes memasukkan data ke database adalah membuat duplikat filenya di dalam folder iTunes (ada di My Documents untuk Windows, atau Music untuk Mac). Jadi jika ada file yang di-drag (ditarik) ke dalam window iTunes, maka file tersebut akan dicopy ke folder iTunes. Untuk menghindarinya, ikuti langkah berikut:

1. Buka iTunes
2. Buka Preferences (ctrl + ,) untuk Windows, (command + ,) untuk Mac
3. Buka tab Advanced
4. Hilangkan centang “Keep iTunse Music folder organized” dan “Copy files to iTunes Music folder when adding to library”

Untuk yang belum melakukannya, coba cek di folder iTunes, apakah ada duplikat file yang sudah dimasukkan? Siapa tahu itu yang membuat hard disk cepat habis…