Memilih Harddisk Komputer

Beberapa orang pernah bertanya kepadaku “Harddisk mana yang bagus?” Pertanyaan ini sederhana, tapi sering membuat pusing juga. Sepuluh tahun lalu hanya ada dua merk harddisk yang terkenal di Indonesia, itu pun salah satunya sudah dianggap lebih baik daripada merk satunya, persaingan ketat antara Seagate dan Maxtor (yang sekarang sudah dibeli Seagate). Kini Merk harddisk di Indonesia semakin beragam, ada Seagate, Hitachi, Toshiba, dan Western Digital. Pilihan makin beragam, tapi mana yang sebenarnya benar-benar bagus?

Backblaze – perusahaan online backup – sudah mencoba puluhan ribu harddisk dari berbagai merk dan memberikan hasil pengamatannya ke publik yang dapat dijadikan pertimbangan untuk calon pembeli harddisk. Sebagian besar harddisk yang digunakan perusahaan itu dibeli untuk mendapatkan harga termurah dengan kapasitas terbaik, dan diuji ketahanannya oleh lab Backblaze. Seluruh data yang ditulis kali ini adalah hasil pengujian Backblaze.

Harddisk Western Digital Green 3TB dan Seagate LP 2TB merupakan harddisk yang tidak andal dan cepat mengalami error jika dipakai untuk bekerja terus menerus atau untuk dijadikan backup disk karena didesain untuk hemat daya dan mengurangi pemakaian listrik sebisa mungkin.

Rating Kegagalan Harddisk

Seagate merupakan harddisk yang paling banyak rusak dalam waktu satu tahun, untuk kapasitas 1.5TB sendiri mencapai 14% dari belasan ribu harddisk rusak setiap tahunnya. Sedangkan yang paling sedikit rusak adalah merk Hitachi.
Harddisk yang bertahan 3 tahun

Harddisk merupakan produk yang sangat penting karena menyimpan seluruh data kita, oleh karena itu komponen ini diharapkan bisa menyimpan data-data kita dalam waktu yang lama. Merk Hitachi merupakan merk yang paling mampu bertahan setelah 3 tahun dipakai untuk backup terus-menerus.

Meskipun data menunjukkan bahwa Hitachi merupakan harddisk yang paling andal, bukan berarti Hitachi akan memberikan performa terbaik untuk kebutuhanmu. Perusahaan itu sendiri masih akan menggunakan Seagate sebagai harddisk andalannya walaupun riset menunjukkan bahwa Hitachi yang paling andal karena kebutuhan perusahaan itu lebih membutuhkan keunggulan Seagate yang lain. Sesuaikan harddisk dengan kebutuhanmu, apakah itu hemat daya, atau mampu men-copy data dengan cepat, atau yang paling murah.

Disclaimer: Saya tidak berafiliasi dengan merk harddisk apa pun, ini murni hanya hasil riset dari Backblaze.

Sumber: What Hard Drive Should I Buy?  | Backblaze